Marsma Wahyu Hidayat Resmi Pimpin Paspampres, Pertama Kali dari TNI AU

Ameidyo Daud Nasution
18 Juli 2022, 16:00
tni, paspampres, istana
Antara
Danpaspampres Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko. Foto: Antara.

Pergantian terjadi di tubuh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko resmi menjabat sebagai Komandan Paspampres menggantikan Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Dikutip dari Antara, acara serah terima jabatan berlangsung dalam upacara yang dipimpin Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (18/7). Wahyu merupakan Komandan Paspampres pertama dengan latar belakang TNI Angkatan udara.

Sebelumnya, Andika telah menerbitkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tentang penunjukkan Wahyu sebagai Danpaspampres pada tanggal 27 Juni 2022.

Meski demikian, Wahyu bukan orang baru di pengamanan Istana. Ia sebelumnya adalah Wakil Danpaspampres sejak 2021 hingga 2022. Dia juga sempat menjadi Komandan Grup C Paspampres yang bertugas mengamankan tamu negara.

Dikutip dari berbagai sumber, alumni Akademi Angkatan Udara tahun 1993 ini mengawali karir di Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) yang dahulu bernama Paskhas. Karirnya terus meningkat hingga menjadi Komandan Batalyon 462/Paskhas pada 2006.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...