LPSK Belum Putuskan Lindungi Istri Irjen Ferdy Sambo, Mengapa?

Image title
19 Juli 2022, 20:19
lpsk, ferdy sambo, brigadir j
Antara
Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu.

Istri Inspektur Jenderal Pol. Ferdy Sambo, Putri Candrawathi mengajukan permohonan perlindungan ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Melalui kuasa hukumnya, Putri mengajukan permohonan perlindungan sebagai korban dalam kasus yang berujung kematian Brigadir J.

Saat ini, permohonan perlindungan yang diajukan Putri masih dalam proses dan belum diputuskan oleh LPSK. “Kalau berdasarkan LP (laporan), sebagai korban tindak pidana perbuatan cabul,” kata Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi kepada Katadata.co.id pada Selasa (19/7).

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua LPSK, Susilaningtyas. Menurutnya, hingga kini pihaknya masih melakukan penelaahan dan investigasi terhadap permohonan yang bersangkutan.

“Jadi kami belum selesai melakukan penelaahan dan investigasi dalam kasus ini,” ujarnya kepada wartawan pada Selasa (19/7).

Dalam penelaahan, Susi menjelaskan bahwa LPSK akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai aparat penegak hukum yang menangani kasus ini. Meski demikian, perlindungan dapat diberikan saat penyidikan masih berlangsung. Terlebih jika korban mendapatkan ancaman dalam penangan kasus.

Susi pun menjelaskan bahwa dalam penanganan kasus ini, Putri sebagai korban belum dilaporkan mendapatkan ancaman dari pihak-pihak tertentu. “Kalau memang ada ancaman, bisa kita lakukan perlindungan seketika,” katanya.

Dalam permohonan pengajuan perlindungan ke LPSK, pihak isteri Sambo harus menyertakan beberapa persyaratan, seperti identitas diri dan laporan pidana. LPSK pun telah menerima laporan pidana terkait kasus ini. Selain itu, pihak korban juga harus menyertakan kronologi peristiwa yang dialami.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...