Bertemu Menlu Vietnam, Jokowi Minta Investor Asal RI Diperlakukan Adil

Image title
20 Juli 2022, 16:07
jokowi, vietnam, investasi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembukaan perayaan HUT ke-50 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Vietnam, Bui Thanh Son beserta rombongan delegasi di Istana Merdeka pada Rabu (20/7). Pertemuan tersebut merupakan pertemuan awal sebelum pertemuan komisi Bui Thah Son dengan Menlu RI, Retno Marsudi.

Dalam pertemuan, itu, Jokowi memberikan beberapa arahan. Arahan pertama, mengenai investasi yang dilakukan Indonesia di Vietnam sebanyak USD 600 juta atau setara Rp 8,9 triliun.

Presiden berpesan agar Retno menyampaikan kepada Menlu Vietnam Bui Thanh Son untuk memberikan perlakuan yang adil bagi para investor Indonesia.

“Dengan menciptakan kondisi yang kondusif bagi investor, tentunya investasi kedua belah pihak akan terus meningkat,” ujar Retno dalam keterangan resminya pada Rabu (20/7).

Selain di bidang investasi, arahan juga diberikan dalam bidang perdagangan kedua negara. Target nilai perdagangan kedua negara saat ini sebesar USD 10 miliar telah terlampaui. Jokowi pun mengarahkan agar Retno turut membahas target beberapa tahun ke depan dengan Menlu Vietnam.

“Ini nanti akan kita bahas pada saat pertemuan kedua menteri luar negeri,” kata Retno.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...