KPU Usul Kampanye Pemilu digelar di Kampus, Demokrat Sepakat

Image title
22 Juli 2022, 22:18
kampanye, kpu, pemilu, 2024, kampsu
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan tampilan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Pemilu 2024 di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan kampanye peserta pemilihan umum bisa dilakukan di kampus. Anggota Fraksi Partai Demokrat, Anwar Hafid menyetujui usulan tersebut lantaran memberikan dampak positif lantaran suasana intelektual dari civitas akademika, terutama mahasiswa.

“Kampanye politik di lingkungan kampus yang merupakan arena intelektual dapat menguji kemampuan setiap kontestan Pemilu,” kata Anwar dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (22/7).

Dia menyampaikan bahwa kampanye politik di lingkungan kampus bukanlah hal yang tabu, sebab para civitas akademika merupakan bagian dari pemilih dalam kontestasi Pemilu. Oleh sebab itu, Anwar berharap usulan tersebut dapat terlaksana dalam masa kampanye Pemilu mendatang.

“Wajar karena masyarakat akademik di kampus, baik mahasiswa, hingga tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, merupakan pemilih dalam Pemilu,” ujarnya.

Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, kampanye di lingkungan kampus tetap harus mempertimbangkan faktor keadilan. “Misalnya dengan memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh peserta Pemilu,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari membuka opsi diperbolehkannya kampanye politik di lingkungan kampus atau pergurunan tinggi selama memenuhi ketentuan yang berlaku. Sebabnya, para civitas akademika, termasuk dosen dan mahasiswa merupakan bagian dari pemilih.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...