Penularan Cacar Monyet di AS Mengganas, Joe Biden Bentuk Tim Khusus

Rizky Alika
3 Agustus 2022, 11:20
cacar monyet, biden, amerika serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/WSJ/cf
Dado Ruvic/Illustration Tabung reaksi berlabel "Positif virus cacar monyet" terlihat dalam ilustrasi yang diambil Minggu (22/5/2022).

Kasus cacar monyet di Amerika Serikat (AS) tengah meningkat. Presiden AS Joe Biden pun menunjuk dua pejabat tinggi untuk mengoordinasikan kebijakan menghadapi cacar monyet.

Sebagaimana diketahui, cacar monyet telah menginfeksi lebih dari 5.800 orang Amerika. Pembentukan tim dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus, melindungi individu yang paling berisiko tertular virus, dan merawat mereka yang telah terinfeksi. 

"Selama beberapa minggu mendatang akan mempercepat respons penanganan cacar monyet di AS," menurut keterangan Gedung Putih pada Selasa (2/8), seperti dikutip dari Reuters.

Tim dibentuk karena lebih banyak negara bagian yang menyatakan keadaan darurat vaksin dan sumber daya lain untuk memerangi virus. Pembentukan tim juga bertujuan meningkatkan vaksinasi untuk menghambat penyebaran cacar monyet.

Adapun, pejabat Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) akan mengoordinasikan respons di seluruh pemerintah federal.

Administrator regional FEMA Robert Fenton mengatakan, ia akan bertugas sebagai koordinator cacar monyet Gedung Putih. Sementara, Kepala Pencegahan HIV CDC Demetre Daskalakis akan bertugas sebagai wakil koordinator.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...