Beras Bansos Dikubur di Depok, Pemerintah Alami Kerugian?

Ameidyo Daud Nasution
4 Agustus 2022, 12:09
beras, bansos, jne
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri PMK Muhadjir Effendy memberikan kata sambutan pada Malam Syukuran dan Apresiasi Tim Kemanusiaan Pelepasan WNI dari Wuhan dengan Masyarakat Natuna di Gedung Sri Serindid, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2/2020).

Pemerintah telah memeriksa beras bantuan sosial presiden (banpres) yang ditemukan terkubur di lahan parkir JNE Depok. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan tak ada kerugian materiil dalam temuan tersebut.

Ini lantaran kerugian telah ditanggung oleh JNE selaku pihak yang mengantarkan beras tersebut. "Sudah ada di perjanjian, jadi pemerintah tidak rugi," kata Muhadjir di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (3/8) dikutip dari Antara.

Total bobot beras tersebut sebanyak 3.675 kilogram atau 289 karung, setara untuk 139 keluarga penerima manfaat (KPM). Saat ini persoalan tersebut masih diselidiki oleh aparat.

"Saya berpegangan pada pernyataan JNE. Kalau nanti di temuannya beda, lain masalah," kata Muhadjir.

Dia menjelaskan pangkal masalah adalah distribusi yang dilakukan menggunakan kendaraan bak terbuka, padahal saat itu sedang dalam puncak musim hujan. Pemerintah dalam hal ini hanya mengambil keputusan yang paling aman.

"Pokoknya kalau ada satu truk kena hujan, tidak boleh dibagi semuanya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...