Dalami Kematian Brigadir J, Komnas HAM Akan Periksa Ulang Bharada E

Ameidyo Daud Nasution
8 Agustus 2022, 14:50
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam bersiap memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, di Jakarta, Jumat (5/8/2022). Komnas HAM mengakui telah mendapatkan informasi dari Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri bahwa sebanyak 15 unit gawai
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam bersiap memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, di Jakarta, Jumat (5/8/2022). Komnas HAM mengakui telah mendapatkan informasi dari Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri bahwa sebanyak 15 unit gawai telah diperiksa datanya terkait kasus penembakan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas mantan Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan memeriksa ulang Bharada Richard Eliezer atau Bharada E. Hal ini untuk mendalami ulang keterangan yang didapatkan komisi dari pihak lain terkait kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Saat ini, Bharada E telah menjadi tersangka kasus kematian rekan kerjanya tersebut. "Kami melakukan apa yang kami dapat, kemudian disandingkan keterangan dan alat bukti yang lain," kata Komisioner Komnas HAM RI Mohammad Choirul Anam di Jakarta, Senin (8/8) dikutip dari Antara.

Sebelumnya pengacara Bharada E, Muhammad Boerhanuddin menyampaikan bahwa kliennya diperintahkan atasan untuk menembak Brigadir J. Namun Anam mengaku belum mengetahui pernyataan tersebut.

Ia memilih untuk menyelidiki kasus dari permintaan keterangan yang dilakukan sendiri. Keterangan yang diperoleh Komnas HAM akan dibandingkan pernyataan dan fakta lainnya.

Komnas HAM juga akan mendatangi lokasi guna memeriksa hal yang diperoleh sekitar dua atau tiga minggi sebelumnya. Meski demikian, ia tak menjelaskan lebih jauh lokasi serta hal yang diperiksa komisi lantaran berpotensi mengganggu penyelidikan.

"Kami sudah komunikasi agar mendapatkan konfirmasi lebih detail," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...