Harga BBM Naik, Jokowi Minta Daerah Biayai Transportasi Bahan Pangan

Rizky Alika
7 September 2022, 11:21
jokowi, bbm, pangan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo mengumumkan harga bahan bakar minyak (BBM) terbaru di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi akan berimbas pada peningkatan inflasi. Presiden Joko Widodo pun meminta pemerintah daerah untuk membiayai transportasi produk pangan untuk menenekan inflasi.

"Saya tidak mau diam. Kita harus intervensi (inflasi). Daerah harus bergerak," kata Jokowi pada Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta, Rabu (7/9).

Advertisement

Pemerintah daerah diminta memangkas 2% dari Dana Transfer Umum (DTU) yang terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH). Dana itu diharapkan dapat menutup biaya pengiriman bahan pangan dari sentra produksi ke berbagai wilayah.

Kepala Negara pun menceritakan pengalamannya saat menjadi pemimpin daerah. Mantan Wali Kota Solo itu mensubsidi biaya transportasi bawang merah saat terjadi kenaikan harga pengiriman.

"Artinya, harga bawang merah di pasar sesuai dengan harga di petani karena biaya transpor ditutup," ujar dia.

Kepala Negara mengatakan, biaya transportasi tersebut tidak besar. Sebagai contoh, pengiriman bahan pangan dari Brebes ke Lampung berkisar Rp 3 juta untuk satu truk.

Untuk itu, ia meminta pemda di sentra produksi pangan untuk membiayai ongkos pengiriman. "Mana yang banyak telur? Bogor, Blitar, tutup biaya transportasi," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement