Cerita Jokowi Alotnya Dialog dengan Putin Agar Setop Perang di Ukraina

Ameidyo Daud Nasution
7 September 2022, 14:06
jokowi, putin, rusia, ukraina
Kremlin.ru
Presiden Joko Widodo (kiri) berdiskusi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Presiden Joko Widodo kembali menceritakan pengalamannya saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky beberapa waktu lalu. Jokowi lalu menceritakan alotnya bernegosiasi agar Rusia dan Ukraina setop peperangan.

Jokowi awalnya meminta pertemuan dengan Putin digelar dengan posisi duduk berdekatan. Pertemuan dengan Putin selama kurang lebih 2,5 jam. Adapun pertemuan dengan Zelensky berlangsung selama 1,5 jam.

"Kalau saya diterima dengan jarak (duduk) lima meter, saya tinggal pulang. Diterima seperti itu ada yang mau, kalau saya tidak mau," kata Presiden dalam acara Sarasehan 100 Ekonom di Jakarta, Rabu (7/9).

Tidak jelas siapa yang disinggung Jokowi. Namun, sebelum menerima mantan Wali Kota Solo itu, Putin pernah kedatangan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Kremlin, Moskow.

Saat berdialog, Putin dan Macron dipisahkan oleh sebuah meja panjang. Berbeda dengan saat bertemu Jokowi yang hanya dibatasi sebuah meja kecil.

Meski demikian, usaha Jokowi untuk mendamaikan Ukraina dan Rusia tampaknya berakhir pahit. Presiden mengatakan Putin sepertinya tak menemukan ruang dialog. "Saya belokkan saja," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...