Demokrat Rapimnas Hari Ini, Bahas Kans Koalisi dengan PKS dan Nasdem

Ade Rosman
15 September 2022, 10:55
demokrat, pilpres 2024,
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) didampingi pengurus dan kader menyampaikan konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Partai Demokrat akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Jakarta Convention Center (JCC) mulai Kamis (15/9) hingga Jumat (16/9). Acara tersebut akan dihadiri 3000 pengurus dan pimpinan se-Indonesia 

Dalam Rapimnas tersebut, Demokrat akan membahas mengenai kemungkinan koalisi dengan partai politik lainnya termasuk NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ini karena ada ambang batas presiden sebesar 20 persen, sedangkan partai berlambang mercy itu baru memiliki 9,36% kursi parlemen.

Advertisement

“Sangat mungkin untuk dibahas dan direkomendasikan seperti apa jalan yang akan ditempuh oleh Partai Demokrat,” jelas Kepala Bakomstra Demokrat Herzaky Mahendra Putra, dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9).

Herzaky menjelaskan, ada kemungkinan Rapimnas tersebut juga membahas mengenai calon presiden serta calon wakil presiden yang lebih mengerucut untuk diusung pada 2024 mendatang. Meski demikian, hal ini masih menunggu masukan dan rekomendasi pengurus pusat serta daerah.

“Suara dan harapan konstituen Partai Demokrat dari seluruh pelosok Indonesia tentunya bakal menjadi salah satu pertimbangan utama dalam menentukan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrat,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement