Konversi Elpiji 3 Kg ke Kompor Listrik Diuji Coba di Solo dan Bali

Rizky Alika
19 September 2022, 17:24
elpiji, melon, kompor listrik
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/nym.
Pekerja menurunkan tabung elpiji 3 Kg dari truk untuk dijual saat digelarnya operasi pasar di Kelurahan Bintan Dumai, Riau, Jumat (5/8/2022).

Pemerintah akan mengurangi peredaran elpiji tiga kilogram (kg) atau tabung melon di beberapa daerah. Untuk itu, pemerintah akan menguji coba pengalihan penggunaan elpiji ke kompor listrik di sejumlah daerah.

"Sedang dilakukan piloting di beberapa daerah antara lain Bali dan Solo," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/9).

Advertisement

Ia mengatakan, pemerintah akan mengkaji lebih lanjut setelah uji coba berjalan. Airlangga pun telah melaporkan uji coba tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

"Sudah dilaporkan dan menunggu piloting," katanya.

Sebagai informasi, tabung melon akan dikurangi secara bertahap terutama bagi daerah yang sudah memperoleh jatah penyediaan paket kompor listrik induksi secara gratis kepada masyarakat. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bersama PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN telah menyediakan paket kompor induksi sebagai konversi elpiji 3 kg.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement