Tokoh Agama Papua hingga KSP Minta Lukas Enembe Serahkan Diri ke KPK

Ameidyo Daud Nasution
26 September 2022, 07:19
lukas enembe, papua, kpk
ANTARA FOTO/Gusti Tanati
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Kepala BIN Budi Gunawan (kanan) dan Gubernur Papua Lukas Enembe (tengah) menekan tombol secara simbolis saat meresmikan Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura, Papua, Senin (28/10/2019).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum juga memeriksa Gubernur Papua Lukas Enembe meski telah ditetapkan menjadi tersangka. Komisi antirasuah menjadwalkan pemeriksaan Enembe pada Selasa (26/9).

Bersamaan dengan itu, sejumlah tokoh agama Papua juga meminta Enembe agar mengikuti proses hukum. Sekretaris Umum Gereja Kingmi Papua, Pendeta Yonas Wenda juga menyatakan demonstrasi membela politisi Partai Demokrat itu merupakan hal yang tak patut dipertontonkan.

Advertisement

"Sebagai tokoh agama mengharapkan Gubernur Lukas Enembe mengikuti proses hukum," kata Yonas Wenda di Jayapura, Minggu (26/9) dikutip dari Antara.

Ketua Forum Komunikasi Umar Beragama (FKUB) Kabupaten Jayapura, Pendeta Alberth Yoku juga mengatakan dugaan tindak pidana korupsi merupakan tanggung jawab pribadi Enembe. Ia meminta masyarakat tak menghalangi proses pemeriksaan yang dilakukan KPK.

"Kami meyakini KPK bertindak profesional terhadap Gubernur Lukas Enembe," kata Yoku.

Sedangkan pimpinan Pondok Pesantren Al Hidayah Abepura, Ismail Asso juga mendukung langkah KPK. Enembe bisa langsung datang menjalani pemeriksaan jika merasa tidak melakukan tindak pidana korupsi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement