Jokowi, Prabowo, hingga Puan Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Wakil Presiden Ma'ruf Amin hingga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga menghadiri acara tersebut.
Ameidyo Daud Nasution
1 Oktober 2022, 09:12
jokowi, prabowo, puan
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo pagi ini menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Upacara digelar pada Sabtu (1/10) pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam upacara tersebut Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Hadir pula Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Inovasi Nadiem Makarim, hingga Panglima Tentara Nasional (TNI) Jenderal Andika Perkasa.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya disusul dengan mengheningkan cipta. Setelah itu Bambang Soesatyo membacakan sila-sila yang ada di Pancasila, setelah itu Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mattalitti membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Advertisement

Rangkaian berlanjut dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Puan Maharani. Puan mengatakan sejak lahirnya, Pancasila menghadapi rongrongan baik itu dari dalam maupun luar negeri.

Ketua DPR Puan Maharani saat menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10). Foto: Tangkapan layar Youtube
Ketua DPR Puan Maharani saat menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10). Foto: Tangkapan layar Youtube (Youtube Sekretariat Presiden)

 

Meski demikian, ia mengatakan bahwa semangat kebersamaan masih dapat mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga hari ini.

"Semangat kebersamaan yang dilandasi nilai luhur ideologi Pancasila, maka bangsa bisa memperkokoh tegaknya NKRI," kata Puan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (1/10).

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan diakhiri dengan menyanyikan lagu kebangsaan. Usai prosesi, Jokowi dan rombongan lalu meninggalkan tempat upacara.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait