Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Presiden Jokowi dan deretan menteri akan mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober.
Rizky Alika
1 Oktober 2022, 06:30
Jokowi
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.
Petugas membersihkan area Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (30/9/2020).

Presiden Jokowi akan memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur pada Sabtu (1/10). Upacara tersebut merupakan agenda yang digelar setiap tahun.

"Besok upacara di Lubang Buaya. Bapak Presiden sebagai Inspektur Upacara," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jumat (30/9).

Upacara akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Beberapa pejabat pemerintah akan turut mengikuti upacara.

Mereka yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Advertisement

Kemudian, hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan pihak terkait lainnya.

Mengutip dari Antara, Jokowi juga memimpin upacara yang sama di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. 

Upacara peringatan pada tahun lalu dihadiri oleh sejumlah perangkat upacara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sementara itu, hadir secara virtual ialah para pimpinan dan anggota lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para gubernur, bupati, dan wali kota, para keluarga pahlawan revolusi, dan undangan lainnya.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober. Peringatan ini dilakukan sehari setelah peringatan pemberontakan Gerakan 30 September (G-30-S).

 

Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait