Mahfud Minta Andika Perkasa Usut Kekerasan Aparat TNI di Kanjuruhan

Ameidyo Daud Nasution
3 Oktober 2022, 12:58
mahfud, Stadion Kanjuruhan, tni
Antara/Ari Bowo Sucipto
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam Mahfud MD hari ini menggelar rapat koordinasi khusus membahas rusuh di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Dalam rapat tersebut, Mahfud menginstruksikan sejumlah hal kepada Polri hingga Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Ia memerintahkan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa mengusut anggotanya yang diduga melakukan kekerasan. Hal ini karena beredar video yang menunjukkan personel TNI melakukan tindak kekerasan kepada suporter Arema.

"Panglima TNI lakukan tindakan cepat sesuai aturan," kata Mahfud dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (3/10).

Mahfud juga memerintahkan polisi segera mengumumkan pelaku pidana dalam kerusuhan yang menewaskan 125 orang itu. Polisi juga diminta mengevaluasi penyelenggaraan keamanan pertandingan sepak bola.

"Segera diumumkan pelaku yang memenuhi syarat," katanya.

Mahfud juga akan membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk membongkar siapa yang harus bertanggung jawab dalam tragedi ini. Tim ini akan beranggotakan kementerian dan lembaga terkait, organisasi profesi olahraga, akademisi, pengamat, hingga media massa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...