Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Perintahkan Audit Semua Stadion Liga PSSI

Rizky Alika
5 Oktober 2022, 16:22
jokowi, tragedi kanjuruhan, pssi
Istimewa
Presiden Joko Widodo (tengah) saat acara peresmian Jalan Tol Cibitung - Cilincing di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Pemerintah mengevaluasi tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Presiden Joko Widodo pun meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaudit total seluruh stadion sepak bola untuk semua kompetisi, mulai dari Liga 1 hingga 3.

"Apakah gerbangnya sesuai dengan standar cukup lebar," kata Presiden Joko Widodo di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, Rabu (5/10).

Selain itu, Jokowi juga meminta Basuki untuk mengejek manajemen lapangan, manajemen pertandingan, hingga pengelola stadion. Ia mengatakan tragedi Kanjuruhan mendorong pemerintah untuk memperbaiki seluruh hal.

Adapun, Jokowi telah menelepon Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino pada Senin (3/10) malam. Saat itu, Infantino menawarkan bantuan untuk memperbaiki sepak bola Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga membagikan santunan kepada korban yang meninggal. Kemudian, pemerintah juga akan menanggung biaya perawatan korban luka-luka.

KERICUHAN USAI PERTANDINGAN AREMA MELAWAN PERSEBAYA
KERICUHAN USAI PERTANDINGAN AREMA MELAWAN PERSEBAYA (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.)

Sebelumnya, pemerintah menyebutkan santunan kepada korban senilai Rp 50 juta per orang. "Santunan itu yang bisa meringankan beban dari keluarga dan kerabat korban," ujar Jokowi.

Indonesia saat ini juga terancam sanksi dari FIFA lantaran menggunakan gas air mata di dalam Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Presiden Joko Widodo pun menyerahkan keputusan sanksi kepada induk organisasi sepak bola dunia itu.

Insiden di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober lalu mengakibatkan 131 orang meninggal dunia. Tragedi terjadi usai aparat melontarkan gas air mata ke tribun selatan yang dipenuhi penonton usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...