Relawan Minta Jokowi Reshuffle Kabinet, Copot Menteri dari Nasdem

Andi M. Arief
10 Oktober 2022, 17:00
jokowi, nasdem, reshuffle
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/wsj.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Wapres Ma'ruf Amin (kanan) memimpin rapat kabinet terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Forum Diskusi Relawan Jokowi meminta Presiden Joko Widodo untuk mencopot tiga menteri kader Nasdem. Menteri yang dimaksud adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G. Plate.

Aspirasi tersebut disampaikan setelah Nasdem mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Relawan Jokowi menilai hal tersebut bertentangan dengan nilai-nilai yang sejauh ini dijunjung oleh Jokowi.

Advertisement

"Pada 2017 lalu, dia (Anies) melakukan politik identitas. Implikasinya secara nasional, sehingga polarisasi politik terjadi sampai saat ini," kata Perwakilan Forum Diskusi Relawan Jokowi Andreas R Behiary dalam konferensi pers di N Hotel yang berlokasi di sebelah Istana Merdeka, Jakarta, Senin (10/10).

Andreas juga menuding Anies kerap menyebarkan informasi palsu terkait kebijakannya. Salah satunya adalah klaim penyelesaian banjir di DKI Jakarta saat air setinggi 80 sentimeter mengenai beberapa ruas jalan tol.

Andreas juga menyampaikan Anies masih harus menghadapi kasus proyek Formula E. Sampai saat ini, Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK masih mendalami kasus tersebut.

Walau demikian, Partai Nasdem tetapi memilih Anies sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024. Maka dari itu, Andreas menilai Partai Nasdem telah menganut nilai-nilai yang dipraktikkan Anies.

"Kami mau mencegah supaya politik identitas jangan terjadi di 2024, tujuan yang penting adalah mencopot tiga kader Partai Nasdem di kabinet," kata Andreas.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement