Jokowi Targetkan Audit Stadion Kanjuruhan Rampung Minggu Ini

Andi M. Arief
11 Oktober 2022, 19:36
jokowi, kanjuruhan, stadion
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meninjau Pintu 12 Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawaa Timur, Rabu (5/10).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyatakan audit operasional Stadion Kanjuruhan rampung minggu ini. Hal ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo usai tragedi Kanjuruhan.

Selain Stadion Kanjuruhan, pemerintah juga akan mengaudit 17 unit stadion lainnya di penjuru negeri untuk memastikan keamanan dari sisi penonton. Saat ini, Komisi Keandalan Bangunan Gedung atau KKBG sedang melakukan audit di stadion, termasuk Kanjuruhan. 

"Jadi, yang diminta oleh presiden minggu ini selesai adalah Stadion Kanjuruhan. Setelah itu, baru stadion lainnya yang banyak suporternya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kompleks Istana Merdeka, Selasa (11/10).

Audit pada Stadion Kanjuruhan dan 17 stadion lainnya dilakukan untuk mengetahui keamanan dan keandalan bangunan. Secara rinci, Basuki akan menguji aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan ke-18 stadion tersebut.

Basuki mengatakan Kementerian PUPR telah memiliki parameter yang harus dipenuhi ke-18 stadion tersebut agar lolos audit. Salah satu parameternya adalah keandalan waktu pembubaran penonton.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...