Gantikan Anies, Heru Akan Tiru Strategi Jokowi Atasi Banjir Jakarta

Andi M. Arief
12 Oktober 2022, 17:41
banjir, jakarta, heru budi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memberikan keterangan kepada wartawan seusai mengikuti pelantikan di Gedung Setneg, Jakarta, Kamis (20/7).

Penjabat Gubernur DKI Jakarta terpilih Heru Budi Hartono mulai menjelaskan langkah penanganan banjir selepas masa jabatan Anies Baswedan. Heru mengatakan relokasi rumah liar di badan Sungai Ciliwung bukan satu-satunya cara dalam menangani banjir di Ibu Kota.

Menurutnya, penanganan banjir akan disesuaikan dengan topografi masing-masing wilayah di Jakarta. Ia lalu mencontohkan pengerukan Sungai Ciliwung hingga Kampung Melayu yang dilakukan pada masa Joko Widodo menjabat sebagai gubernur. 

"Tidak harus relokasi. Tidak harus normalisasi. Satu-satu kita lihat titik tertentu," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (12/10).

Heru menilai ada beberapa tempat yang memang tidak bisa mengerjakan normalisasi sungai. Pada tempat-tempat tersebut, ia berencana untuk membangun sistem polder atau kendaraan pompa bergerak.

Sebagai informasi, sistem polder umumnya digunakan untuk menangani banjir karena rob. Beberapa sarana fisik yang harus dibangun dalam sistem polder adalah sistem drainase kawasan, kolam retensi, tanggul keliling kawasan, pompa, dan pintu air.

Heru menjadwalkan untuk mensosialisasikan strategi penanganan banjir pada masa kepemimpinannya pada Senin depan (17/10) setelah resmi dilantik. Proses pelantikan akan dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...