Menteri PUPR Targetkan Sodetan Ciliwung Beres Awal 2023, Atasi Banjir

Nadya Zahira
11 Oktober 2022, 21:22
banjir, jakarta, sodetan ciliwung
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Luapan aliran sungai Ciliwung menyebabkan banjir di permukiman penduduk kawasan Manggarai, Jakarta, Senin (10/10). BPBD DKI Jakarta pada Senin (10/10) pukul 06.00 WIB mencatat sebanyak 53 RT di DKI Jakarta terendam banjir akibat luapan Sungai Ciliwung.

Sejumlah proyek infrastruktur untuk mencegah banjir di Jakarta masih terus dibangun. Pemerintah saat ini tengah melanjutkan proyek sodetan atau terowongan yang menghubungkan aliran Kali Ciliwung dengan aliran Banjir Kanal Timur (BKT) sebagai solusi banjir di ibu kota.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan proyek ini ditargetkan akan selesai pada Februari hingga Maret 2023. "Tapi normalisasi keseluruhan belum ditargetkan karena fokus menyelesaikan bendungan Ciawi Sukamahi,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada Selasa (11/10).

Advertisement

Proyek tersebut sempat mangkrak di tahun 2015, dan kini sudah berjalan kembali sejak pertengahan 2021. Sampai saat ini, proyek tersebut terus digarap oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane Ditjen Sumber Daya Air. 

Basuki mengatakan, proyek sodetan dari Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT) masih berlangsung sampai saat ini. Dia lalu menjelaskan progres terkini pembangunannya. "Satu terowongan sudah tembus,” ujar Basuki.

Dalam laman Kementerian PUPR, proyek ini baru kembali berjalan pada tahun 2021. Proyek akan dilanjutkan sepanjang 549 meter, sehingga total panjang sodetan nantinya sekitar 1,26 kilometer.

Sebelumnya, sekitar 600 meter sodetan Ciliwung sudah terbangun dan mandek di tahun 2015 karena terganjal pembebasan lahan. Kementerian PUPR sendiri memberikan wewenang pembebasan lahan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk pengadaan lahan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement