Airlangga Beri Sinyal Capres KIB Baru Diumumkan pada 2023

Andi M. Arief
12 Oktober 2022, 22:47
KIB, 2024, capres
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/YU
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers terkait pengendalian inflasi di daerah di Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Partai Golkar menyatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak akan mengusulkan calon presiden dalam waktu dekat. Ketua Umum  Golkar Airlangga Hartarto mengatakan KIB akan mengumumkan calon presiden pada jilid terakhir masa pendaftaran Pemilihan Umum 2024.

"Jilid terakhir. Jadwal pendaftaran Pemilu 2024 kan September 2023," kata Airlangga di Kompleks Istana Negara, Rabu (12/10).

Adapun, Airlangga mengatakan Partai Golkar tetap membuka kesempatan bagi partai lain untuk berkoalisi dengan partainya. Airlangga mengatakan Partai Golkar terus melakukan konsolidasi dengan KIB.

Menurutnya, partai yang mau berkoalisi dengan Partai Golkar maupun KIB harus memiliki semangat dan keterbukaan yang sama dengan partai koalisi lainnya.  Airlangga juga membuka pintu bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI-P bergabung. 

Sebagai informasi, sebagian Dewan Pengurus Wilayah PPP telah menyatakan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Ganjar saat ini masih tercatat sebagai kader PDI Perjuangan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...