Golkar, PPP, dan PAN Kompak Daftar Peserta Pemilu 2024 Hari Ini

Tiga partai tersebut bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu 9KIB).
Ameidyo Daud Nasution
10 Agustus 2022, 12:20
pemilu, golkar, ppp, pan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kanan) menandatangani nota kesepahaman dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada acara silaturahmi di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Pendaftaran partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih terus berlanjut. Hari ini, tiga parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kompak mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tiga partai tersebut adalah Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa sama-sama hadir di KPU pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya ketiga ketua umum tersebut jalan bersama dari Graha Mandiri yang berjarak kurang lebih 500 meter dari KPU. Mereka hadir didampingi kader dan simpatisan partai masing-masing.

PAN tiba giliran pertama untuk mendaftar. Zulkifli yang didampingi Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, Sigit Purnomo Said (Pasha), hingga Dradjad Wibowo masuk dan mendaftar.

Advertisement

Dalam sambutannya, Zulkifli berharap pemilu keenam yang diikuti PAN akan bermuara pada keadilan dan harmoni bangsa. "Bukan kesenjangan dan perpecahan," kata dia.

Usai PAN, giliran Golkar mendaftar ke KPU. Tampak Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Lodewijk Paulus, serta beberapa politisi seperti Nurul Arifin dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sebelum penyerahan berkas, Airlangga mengatakan Golkar berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan Pemilu. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu juga telah mendapatkan pesan dari Presiden Joko Widodo bahwa anggaran Pemilu 2024 akan menjadi prioritas utama.

Selain itu ia juga sempat pamer pencapaian Golkar dalam beberapa pemilu sebelumnya. "Kami ikut pemilu lebih dari 10 kali, tentu masih menjadi pemenang terbanyak," kata Airlangga.

Usai pendaftaran Golkar rampung, gantian PPP yang mendaftar ke KPU. Penyerahan dilakukan Suharso Monoarfa yang ditemani Wakil Ketua Umum Arsul Sani dan petinggi lainnya.

Dalam sambutannya, Suharso memuji sistem pendaftaran di KPU yang berbasis digital. Dengan model tersebut, partai yang harus dipaksa untuk mengikuti pendaftaran dengan cepat.

"Kalau dulu sistem sering 'byarpet', sekarang parpol yang kewalahan untuk masuk. Ini suatu kemajuan," katanya.

Tiga partai sepakat menandatangani nota kesepahaman untuk membentuk KIB pada 4 Juni 2022 lalu. Kata 'Bersatu' dalam nama koalisi, merupakan akronim dari logo masing-masing partai, yaitu Beringin (Golkar), Surya atau matahari (PAN), dan Baitullah atau Kak'bah (PPP).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait