Golkar, PPP, dan PAN Kompak Daftar Peserta Pemilu 2024 Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
10 Agustus 2022, 12:20
pemilu, golkar, ppp, pan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kanan) menandatangani nota kesepahaman dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada acara silaturahmi di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Pendaftaran partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih terus berlanjut. Hari ini, tiga parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kompak mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tiga partai tersebut adalah Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa sama-sama hadir di KPU pukul 10.00 WIB.

Advertisement

Sebelumnya ketiga ketua umum tersebut jalan bersama dari Graha Mandiri yang berjarak kurang lebih 500 meter dari KPU. Mereka hadir didampingi kader dan simpatisan partai masing-masing.

PAN tiba giliran pertama untuk mendaftar. Zulkifli yang didampingi Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, Sigit Purnomo Said (Pasha), hingga Dradjad Wibowo masuk dan mendaftar.

Dalam sambutannya, Zulkifli berharap pemilu keenam yang diikuti PAN akan bermuara pada keadilan dan harmoni bangsa. "Bukan kesenjangan dan perpecahan," kata dia.

Usai PAN, giliran Golkar mendaftar ke KPU. Tampak Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Lodewijk Paulus, serta beberapa politisi seperti Nurul Arifin dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sebelum penyerahan berkas, Airlangga mengatakan Golkar berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan Pemilu. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu juga telah mendapatkan pesan dari Presiden Joko Widodo bahwa anggaran Pemilu 2024 akan menjadi prioritas utama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement