Survei Charta di Jawa Tengah: Elektabilitas Ganjar 68,5%, Puan 0,7%

Ameidyo Daud Nasution
13 Oktober 2022, 20:53
ganjar, puan, survei, jawa tengah
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kedua kiri) memberikan naskah rekomendasi eksternal kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) disaksikan Ketua DPP Bidang Politik Puan Maharani (kanan) saat Penutupan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (23/6/2022).

Charta Politika menggelar survei elektabilitas calon presiden dan presiden di beberapa daerah, salah satunya Provinsi Jawa Tengah. Di Jateng, Ganjar Pranowo mendominasi elektabilitas responden dengan selisih besar.

Survei dilakukan Charta pada 20 hingga 27 September 2022 kepada 1.200 responden. Adapun, survei yang menggunakan metode multistage random sampling ini memiliki margin of error 2,83%.

Advertisement

Dari hasil survei mereka, sebanyak 68,3% responden memilih Gubernur Jateng Ganjar sebagai calon presiden mereka. Nama Ganjar terpaut jauh dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapatkan 7,5% dan Gubernur DKI Anies Baswedan dengan 6,6% suara.

Berikutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapatkan 2,8% suara responden, sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dipilih 1% responden. Adapun, nama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani hanya dipilih oleh 0,7% responden.

Untuk calon wakil presiden, nama Ridwan Kamil dipilih paling banyak responden dengan jumlah 24,9%. Di bawahnya adalah Sandiaga Uno dengan 16,5% suara dan Erick Thohir yang mendapatkan 9,5% suara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement