Jokowi Beri 3 Tugas Besar Jenderal Listyo untuk Benahi Reputasi Polri

Andi M. Arief
14 Oktober 2022, 17:47
jokowi, polri, kapolri
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers terkait tersangka baru kasus dugaan penembakan Brigadir J di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada para petinggi Polri hari ini. Korps Bhayangkara mendapatkan tiga tugas yakni meningkatkan tingkat kepercayaan publik, mengawal pemerintah daerah atau pemda dalam menjaga inflasi, dan meningkatkan keamanan masyarakat dari potensi polarisasi.

Oleh karena itu, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berniat untuk melakukan program Transformasi Polri Presisi. Sigit menyampaikan program tersebut akan membuat semua anggota saling mengingatkan untuk memiliki sense of crisis.

Advertisement

"Jadi, apa yang dilakukan Polri bisa betul-betul mengembalikan kepercayaan publik. Menjadi Polri yang dekat dengan masyarakat," kata Sigit di Istana Merdeka, Jumat (14/10).

Sigit mengatakan kepercayaan publik ke Polri mulai turun setelah kasus yang menjerat Ferdy Sambo. Padahal sebelumnya, Polri memiliki peringkat tertinggi dalam hal kepercayaan publik dibandingkan aparat penegak hukum lainnya sebelum kasus tersebut.

"Karena peristiwa FS dan beberapa kasus yang kemudian berdampak pada persepsi negatif saat ini, tingkat kepercayaan publik kepada Polri rendah," kata Sigit. 

Dia juga berjanji menindak lanjuti beberapa jenis kasus yang dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Polri. "Kami tindak lanjut untuk langkah-langkah tegas, termasuk tentunya pemberantasan judi daring, narkoba, dan pemberantasan-pemberantasan kejahatan lainnya," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement