Kalbe Farma Sebut Promag hingga Woods Bebas dari Etilen Glikol

Andi M. Arief
20 Oktober 2022, 14:36
Kalbe farma, etilen glikol, obat sirop, gagal ginjal akut
kalbe farma
Fasilitas produksu PT Kalbe Farma tbk.

PT Kalbe Farma Tbk menyatakan tidak menggunakan etilen glikol maupun dietilen glikol pada produknya. Bahkan, emiten industri farmasi berkode KLBF ini akan memeriksa ulang produk-produknya dari kandungan senyawa.

Sebagai informasi, pemerintah telah menyetop sementara penjualan obat sirop. Hal ini menyusul munculnya kasus gagal ginjal akut pada anak-anak.

Adapun, KLBF menilai imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi obat dalam bentuk cair maupun sirop merupakan bentuk kehati-hatian.

"Kalbe menyatakan telah mematuhi seluruh ketentuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan tidak menggunakan bahan baku etilen glikol dan dietilen glikol," seperti tertulis dalam keterangan resmi, Kamis (20/10).

KLBF menyampaikan akan terus berkoordinasi dengan BPOM terkait peredaran obat dalam bentuk sirup. Adapun, beberapa obat sirup yang diproduksi oleh KLBF adalah Promag dan Woods.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan dari hasil pengujian sementara Kementerian Kesehatan, sebanyak 15 dari 18 obat sirop yang dikonsumsi pasien mengandung etilen glikol. Saat ini Kemenkes telah menyetop sementara penjualan obat sirop.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...