Airlangga: Jokowi Sudah Tahu Nama Capres yang Akan Diusung KIB

Ameidyo Daud Nasution
22 Oktober 2022, 16:11
jokowi, airlangga, KIB
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kanan) dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (kanan) menghadiri acara puncak HUT ke-58 Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengetahu calon presiden yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). KIB juga akan selalu berkonsultasi dengan Jokowi sebelum menentukan capres.

KIB merupakan koalisi yang berisi Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Airlangga sebelumnya menyebut koalisi ini telah memiliki tiket premium menuju Pemilihan Presiden 2024.

"Presiden sudah tahu nama-namanya," kata Airlangga di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (22/10) dikutip dari Antara.

Sebelumnya sejumlah nama seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Airlangga masuk bursa capres dari KIB. Namun Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu memastikan nama yang akan dipilih akan selaras dengan visi Jokowi.

"Sampai saat ini kan selaras, seperti (alunan musik) gamelan," kata Airlangga.

KIB memang merupakan koalisi yang sudah bisa mengusung pasangan capres dan cawapres pada pilpres 2024 mendatang. Berdasarkan hasil pemilu 2019 Golkar mengantongi suara 12,31 persen. Sedangkan PAN dan PPP berturut-turut mengantongi 6,4 persen dan 4,5 persen suara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...