Pasien Gagal Ginjal Akut Tembus 300 Orang, 159 Meninggal

Andi M. Arief
1 November 2022, 17:27
gagal ginjal akut, obat sirop, etilen glikol
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa.
Seorang warga menjaga anaknya yang dirawat dengan dugaan gagal ginjal akut di RSUP Dr.M.Djamil, Padang, Sumatera Barat, Kamis (20/10/2022).

Kementerian Kesehatan mencatat total kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal atau GGAPA hingga akhir Oktober 2022 mencapai 304 kasus. Mayoritas penyakit tersebut ditemukan pada kelompok umur 1-5 tahun, yakni sebanyak 173 orang atau 56,9% dari total kasus.

Juru Bicara Kemenkes Syahril mengatakan, sebanyak 59% atau 179 kasus gangguan ginjal akut dialami oleh anak laki-laki, sementara oleh anak perempuan sebanyak 125 kasus. Sejauh ini, total pasien gangguan ginjal akut yang masih dirawat adalah 46 orang, meninggal sebanyak 159 orang, sementara angka kesembuhan mencapai 99 orang.

"304 kasus ini tersebar di 27 provinsi. Beberapa provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," kata Syahril dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/11).

Jumlah kematian terbanyak ada pada kelompok umur 1-5 tahun yakni sebanyak 106 orang. Sementara itu, kelompok umur dengan tingkat kesembuhan tertinggi ada pada 11-18 tahun, yakni sebanyak 33 orang atau 78,5% dari kelompok umur tersebut.

Saat ini, 46 pasien gangguan ginjal yang masih dirawat tersebar di 27 rumah sakit di penjuru negeri. Adapun, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional atau RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo atau RSCM menjadi rumah sakit dengan pasien terbanyak, yaitu 10 orang.

Selain itu, RSUP Dr. M. Djamil merawat tujuh pasien, RS Anak dan Bunda Harapan Kita sebanyak tiga pasien, RSUP H. Adam Malik merawat dua pasien, dan RSUD I Lagalido merawat dua pasien. Adapun, 22 rumah sakit lainnya masing-masing merawat 1 pasien.

Sejauh ini, DKI Jakarta tercatat sebagai provinsi dengan jumlah pasien gangguan ginjal akut sembuh terbanyak atau 34 orang. Pada saat yang sama, DKI Jakarta juga mencatat jumlah kematian terbanyak yang mencapai 29 orang.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...