Pemerintah Akan Sambungkan Rute LRT Jakarta hingga Stasiun Manggarai

Ameidyo Daud Nasution
2 November 2022, 21:50
lrt, kereta, jakarta
ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc.
Kereta light rail transit (LRT) melintas di koridor LRT Jakarta, Stasiun Velodrome, Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Kementerian Perhubungan menyepakati usulan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono agar moda Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta disambungkan hingga Stasiun Manggarai. Ini karena Manggarai akan dijadikan stasiun pusat perkeretaapian ibu kota.

Hal tersebut juga menjadi kesepakatan dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo hari ini. Heru mengusulkan LRT Jakarta disambungkan dari Stasiun Velodrom Rawamangun ke Manggarai. Ia juga akan menambahkan rute lama kereta ringan tersebut hingga Stasiun Halim.

"Saya setuju sekali karena (kereta) jarak jauh, dekat, termasuk kereta bandara semua lewat Manggarai," kata Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/11) dikutip dari Antara.

Budi berharap dengan perpanjangan rute LRT, maka jumlah penumpang kereta bandara akan meningkat. Ia menargetkan penyambungan rute ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebelumnya Heru mengatakan belum bisa memastikan kelanjutan proyek karena prioritas anggaran DKI. Makanya Kepala Sekretariat Presiden itu akan secara khusus membahas kelanjutan proyek LRT.

"Kami akan lihat apakah bisa dilanjutkan, bisa juga dilanjutkan gubernur periode berikutnya," kata Heru pada Jumat (28/11).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...