Integrasikan Transportasi Jakarta, Jokowi Akan Merger MITJ dengan KCI

Ameidyo Daud Nasution
2 November 2022, 22:51
jakarta, kereta, kci, mitj
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
KRL berhenti di Stasiun Matraman, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Pemerintah memastikan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan merger dengan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ). Penyatuan dua perusahaan dilakukan agar tidak ada tumpang tindih kebijakan transportasi DKI Jakarta.

Keputusan merger tersebut merupakan hasil rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo pada Rabu (2/11). Saat ini Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sedang melakukan penilaian.

Advertisement

"Jadi sekali lagi bukan akuisisi, tapi kita tidak bisa mengesampingkan yang sifatnya finansial dan hukum," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/11) dikutip dari Antara.

Dalam rapat, Jokowi menekankan pengembangan angkutan massal perkotaan. Khusus perkeretaapian, Presiden meminta moda tersebut dikelola oleh satu entitas saja.

Jokowi juga memerintahkan daerah memikirkan angkutan pengumpan (feeder) untuk mendukung transportasi massal yang menghubungkan perkotaan dan sekitarnya. Rapat juga menyepakati adanya titik pengumpan untuk moda Lintas Raya Terpadu (LRT) di Jakarta hingga Palembang.

"Kalau LRT Jabodetabek, maka wajib bagi Pemda Bogor, bekasi, dan akarta menyediakan bus dan angkutan lain," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement