Jokowi: Putin dan Zelensky Hadir ke KTT G20 Jika Kondisi Memungkinkan

Jokowi memastikan Presiden AS Joe Biden dan Presiden Cina Xi Jinping akan hadir dalam KTT G20.
Ameidyo Daud Nasution
8 November 2022, 13:21
jokowi, g20, putin, zelensky
Kremlin.ru
Presiden Joko Widodo (kiri) berdiskusi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia siap menerima tamu dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November mendatang di Bali. Saat ini 17 pemimpin negara telah memastikan kehadirannya ke Pulau Dewata.

Meski demikian, Jokowi belum bisa memastikan kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Kabar ini didapatkan Jokowi saat berbicara lewat telpon dengan kedua pemimpin.

"Beliau (Putin dan Zelensky) menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan," kata Jokowi, dikutip dari siaran pers, Selasa (8/11).

Sedangkan pemimpin G20 yang telah memastikan hadir antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Cina Xi Jinping. Jokowi mengatakan kehadiran para kepala negara dan pemerintahan merupakan suatu kehormatan di tengah situasi dunia saat ini.

"Semua negara sangat sulit, kalau kehadirannya sampau segitu (17) saya kira sudah sangat bagus," kata Jokowi.

Hari ini, Jokowi blusukan ke Bali untuk memeriksa kesiapan akhir venue G20. Mantan Wali Kota Solo itu memastikan saat ini lokasi penyelenggaraan KTT telah siap.

"Saya sudah cek dari pagi tadi sampai titik-titik yang paling kecil," katanya.

PENGATURAN LALU LINTAS SAAT KTT G20
PENGATURAN LALU LINTAS SAAT KTT G20 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.)

 

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan adalah Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Selain itu ada pula Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, serta Gubernur Bali I Wayan Koster.

 

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait