Alutsista TNI Untuk Amankan G20: Pesawat F-16 hingga 13 Kapal Perang

Ameidyo Daud Nasution
9 November 2022, 17:53
tni, alutsista, g20
ANTARA FOTO/SISWOWIDODO
Penerbang pesawat tempur F-16 bermanuver sebelum melakukan ?flypass\' membentuk formasi angka 4 di atas kawasan Lanud Iswahjudi saat melakukan latihan di Magetan, Jawa Timur, Rabu (25/9/2019). Latihan penerbang tempur tersebut merupakan bagian dari persiapan demo udara guna memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI 5 Oktober 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Kedatangan para pemimpin dunia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 hanya tinggal menunggu hari. Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri juga telah menyiapkan pengamanan terhadap delegasi dunia.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo juga telah meninjau langsung kesiapan pasukan pengamanan. Bahkan, keduanya akan rutin memeriksa kesigapan anak buahnya setiap hari mulai Selasa (8/11).

"Kami ingin memastikan keberadaan mereka di sini senyaman dan seaman mungkin agar penyelenggaraan G20 ini benar-benar bisa dilakukan dengan sukses oleh pemerintah," kata Andika saat Apel Gelar Pasukan Pengamanan Presidensi G20 di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Senin (7/11) dikutip dari Antara.

TNI telah menyiapkan puluhan ribu pasukan untuk mengamankan KTT G20. Selain itu, sejumlah alat utama sistem persenjataan juga telah disiagakan. Berikut sejumlah personel dan alat yang digunakan:

Personel TNI

Ada 14.351 personel TNI yang terlibat dalam pengamanan VVIP G20. Jumlah tersebut terdiri dari 1.063 prajurit Mabes, 1.451 Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), 6.552 personel Angkatan Darat (AD), 2.474 prajurit Angkatan Laut (AL), dan 2.811 prajurit TNI Angkatan Udara.

TNI juga menyiapkan pengamanan bagi para delegasi yang masuk dalam kategori VVIP. Ada 408 personel dari tiga matra yang disiapkan yakni Kopassus-Sat 81 Kopassus, Denjaka TNI AL, dan Sat Bravo 90 Kopasgat.

KOOPSSUS MENGGELAR LATIHAN PENGAMANAN G20
KOOPSSUS MENGGELAR LATIHAN PENGAMANAN G20 (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.)

Pasukan tersebut telah terintegrasi dengan 104 kendaraan tempur yang khusus didatangkan dari Jakarta. Selain itu mereka telah menjalankan latihan khusus untuk keperluan evakuasi dari teror pada malam hari.

"Kami juga mengadakan latihan teknik fast-roping menggunakan helikopter," kata Komandan Komando Operasi Khusus Mayjen TNI Joko Purwo Putranto di Denpasar, Selasa (8/11).

Alutsista Darat

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...