Ikatan Apoteker Beri Tips Aman Konsumsi Obat Sirop

Andi M. Arief
9 November 2022, 21:19
obat sirop, gagal ginjal, apoteker
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/hp.
Apoteker menunjukan obat sirop di salah satu apotek di Kudus, Jawa Tengah, Jumat (21/10/2022).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik beberapa obat sirop karena tercemar bahan berbahaya. Ikatan Apoteker Indonesia atau IAI memberikan beberapa tips kepada orang tua yang tetap ingin memberikan obat tersebut kepada anaknya.

Mereka menyarankan agar orang tua tidak membeli obat sirop berbahan dasar air. Orang tua didorong untuk membeli obat sirop berbahan dasar puyer untuk sementara.

Wakil Ketua IAI Keri Lestari Dandan menjelaskan obat sirop berbahan dasar air umumnya menggunakan pencair obat atau solven untuk mencairkan zat aktif obat. Adapun, solvent yang digunakan umumnya Propilen Glikol (PG), Polietilen Glikol (PEG), Sorbitol, dan Gliserin/Gliserol.

"Misalnya, isi obat siropnya adalah Ibuprofen atau Paracetamol. Itu ada potensi berbahaya karena Paracetamol tidak larut dalam air," kata Keri dalam konferensi pers virtual, Rabu (9/11).

Sebagai informasi, Kemenkes telah menetapkan PG, PEG, Sorbitol, dan Gliserin/Gliserol sebagai pelarut yang berbahaya sementara ini. Adapun, keempat pelarut tersebut diduga memiliki kadar Etilen Glikol dan Dietilen Glikol di atas ambang batas yang diduga penyebab gagal ginjal akut.

Namun, Keri mengatakan obat sirop dengan bahan dasar selain air masih aman dikonsumsi. Keri mencontohkan vitamin sirop Omega 3 yang menggunakan minyak sebagai zat pencair obat.

Di sisi lain, Keri menilai konsumsi puyer untuk anak cenderung tidak efektif lantaran rasa puyer yang umumnya pahit. Alhasil, sebagian puyer tidak masuk ke dalam tubuh karena dimuntahkan atau tidak diminum anak.

Oleh karena itu, Keri menyarankan orang tua untuk menggunakan sendok besar dan memasukkan sirop atau madu saat memberikan puyer ke anak. Hal tersebut dinilai penting agar seluruh puyer yang dikonsumsi anak sesuai dengan dosis.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...