Eksklusif: Arsjad Rasjid Beberkan Sederet Warisan Indonesia Untuk G20

 Zahwa Madjid
13 November 2022, 20:19
g20, kadin, b20
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Agung Rajasa/nym.
Host of B20 Indonesia dan juga sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menyampaikan sambutan saat pembukaan B20 Summit Indonesia 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (13/11/2022).

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid mengatakan penyelenggaraan B20 Summit menjadi momen penting untuk Indonesia. Hal ini untuk memastikan RI bisa memberikan warisan bagi G20.

Langkah ini juga merupakan arahan langsung Presiden Joko Widodo kepada Kadin. Sebagai informasi, G20 akan mengangkat tiga topik utama pembicaraan yakni kesehatan, transisi energi dan transformasi digital.

Advertisement

Pak Presiden Joko Widodo mengatakan dimana aksi? Jangan hanya diskusi saja. Maka kami membuat agenda dan aksi tentang apa saja yang bisa dilakukan,” ujar Arsjad kepada Katadata.co.id, Minggu (13/11).

Pada agenda kesehatan, Kadin menggandeng Tony Blair Institute untuk mengadakan One Shot. Tujuan dari aksi ini menyediakan infrastruktur yang relevan untuk mitigasi krisis kesehatan di masa depan melalui keterlibatan dunia usaha dalam menyediakan akses vaksin.

Selanjutnya, dalam agenda transisi energi, Kadin bekerjasama dengan Bloomberg untuk Carbon Center of Excellence sebagai knowledge sharing hub & practice sharing center. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan pasar karbon sebagai sumber pembiayaan alternatif.

“Ini sebagai komitmen kita dalam Indonesia 60-20 Net Zero Emission, Indonesia ingin menjadi pemimpin tidak hanya pengikut,” kata Arsjad Risjad.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement