Jokowi Janji Kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada 2023 Akan Netral

Andi M. Arief
13 November 2022, 21:07
asean, jokowi, asia tenggara
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/wsj.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi (kiri-kanan) Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dan Kepala BIN Budi Gunawan memberikan keterangan pers setibanya di Terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022).

Presiden Joko Widodo tiba di Bali pada Minggu (13/11) usai kunjungannya ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Presiden juga telah menerima keketuaan Asean di Kamboja pada hari ini.

Kepala Negara menekankan Asean tidak akan menjadi perpanjangan tangan pihak manapun. Pada saat bersamaan Presiden Jokowi akan memperkuat kerja sama ekonomi agar Asean semakin makmur dan maju.

"ASEAN harus tetap jadi kawasan damai, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi, dan menjaga hukum internasional," kata Presiden Jokowi Kawasan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Minggu (13/11).

Di sisi lain, Jokowi mendapatkan laporan bahwa seluruh persiapan menyambut kepala negara dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Indonesia telah rampung. Jumlah kepala negara anggota G20 yang akan hadir adalah 17 orang.

Adapun, tiga kepala negara yang absen dari KTT G20 Indonesia adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden terpilih Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...