PM Kanada: Serangan Rusia Biang Kerok Krisis dan Naiknya Biaya Hidup

Ameidyo Daud Nasution
14 November 2022, 17:36
PM Kanada Justin trudeau di pertemuan B20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11). Foto: Antara.
Antara
PM Kanada Justin trudeau di pertemuan B20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11). Foto: Antara.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menjadi salah satu pemimpin dunia yang berpidato dalam acara B20. Dalam pidatonya, Trudeau menyinggung serangan Rusia ke Ukraina sebagai biang kerok krisis energi dan pangan saat ini.

Padahal, menurutnya kondisi dunia sudah mulai membaik usai dihantam Covid-19. Buntut kenaikan harga energi dan pangan, banyak masyarakat kelaparan dan terancam tanpa penghangat saat musim dingin.

"Serangan brutal Rusia ke Ukraina membawa ini jadi krisis energi dan pangan, merusak rantai pasokan, dan meningkatkan biaya hidup," kata Trudeau di acara B20 yang digelar di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11).

Oleh sebab itu, ia meminta kalangan bisnis, pemerintah, hingga masyarakat sipil bisa ikut memberikan solusi menangani krisis. Apalagi perang dan pandemi memaksa umat manusia beradaptasi dengan cepat.

"Selama pandemi, anak-anak belajar secara daring, usaha kecil berpindah ke e-commerce, semua beradaptasi sebisa mereka," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Trudeau juga mengatakan bahwa kesempatan bisnis di kawasan Indo Pasifik terbuka dengan lebar. Salah satunya adalah Indonesia yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...