Presiden Rusia Vladimir Putin Batal Hadir di KTT G20 di Bali

Yuliawati
Oleh Yuliawati
10 November 2022, 10:59
Putin, Rusia, G20
ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri pertemuan para pemimpin dari negara-negara Kelompok 20 (G20) di Bali yang berlangsung 15-16 Agustus. Putin akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

"Presiden Rusia akan bergabung dengan salah satu pertemuan secara virtual," kata Jodi Mahardi, juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dikutip dari Reuters, Kamis (10/11).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatakan ada 17 kepala negara anggota G20 yang mengonfirmasi menghadiri KTT G20 secara langsung di Bali.

Beberapa kepala negara/kepala pemerintahan yang terkonfirmasi bakal menghadiri KTT G20 secara langsung di Bali, antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Presiden Jokowi pun menghubungi via telepon Presiden Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke Bali karena belum mengkonfirmasi kehadirannya. Ketika itu, kedua negara beralasan masih mempertimbangkan situasi dan kondisi di negara masing-masing.

"Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan," kata Presiden Jokowi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...