Pemimpin G20 Akan Bahas Pangan hingga Kesehatan di Hari Pertama KTT

Abdul Azis Said
14 November 2022, 21:22
g20, ktt g20, jokowi
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Agung Rajasa/wsj/22
Prajurit TNI melintas di depan logo KTT G20 Indonesia di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (12/11/20).

Para pemimpin negara G20 dijadwalkan bertemu selama dua hari dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mulai Selasa (14/11). Sebanyak 17 pemimpin negara akan membahas dua isu utama pada pertemuan hari pertama.

"Besok ada dua agenda utama yakni masalah energi dan keamana pangan, kedua persoalan kesehatan dunia," kata Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat bertemu wartawan di Media Center G20, Nusa Dua, Bali, Senin (14/11).

Dua isu yang akan dibahas 17 pemimpin besok merupakan isu yang menjadi pembahasan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20. Namun isu pangan dan energi menjadi topik yang masih buntu jika merujuk dari Chair Summary yang dihasilkan pada pertemuan keempat bulan lalu. Beda pendapat karena terkait dengan perang Rusia dan Ukraina.

Dari sisi teknis acara, Moeldoko mengatakan semua persiapan sudah siap. Presiden Joko Widodo juga telah meninjau lokasi media center yang berada di dalam area kawasan pertemuan G20.

Pertemuan tersebut akan dihadiri pemimpin dari 17 negara. Sedangkan tiga yang tak bisa hadir adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

"Meski tidak datang langsung, Putin kemungkinan akan hadir virtual," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Sabtu (13/11).

Berikut daftar kepala negara yang akan hadir langsung di Bali untuk menghadiri KTT G20: 

- Presiden Joko Widodo

- Presiden Amerika Serikat Joe Biden

- Presiden Cina Xi Jinping

- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

- Presiden Korsel Yook Seok-yeol

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...