Penampakan Jokowi Santai dengan MBS dan Erdogan Saat Makan Siang G20

Ameidyo Daud Nasution
15 November 2022, 14:59
g20, ktt g20, jokowi
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Pangeran Mohammed bin Salman di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11). Foto: Youtube Sekretariat Presiden

Para pemimpin G20 telah menikmati santap siang bersama di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) hari pertama. Agenda makan siang digelar di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11).

Dalam agenda tersebut, terlihat Presiden Joko Widodo dan para pemimpin G20 menuju ruang terpisah untuk makan siang. Penampilan mereka terlihat lebih santai tanpa jas dan lengan kemeja tergulung.

Acara ini juga digunakan para pemimpin untuk saling bercengkerama dengan santai. Terlihat, Jokowi berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MbS).

Saat keduanya sedang asyik berbicara, muncul Kanselir Jerman Olaf Scholz untuk ikut mengobrol. Tak lama, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ikut nimbrung saat melewati ketiganya.

Saat menuju lokasi makan siang, Jokowi juga terlihat mengemudikan boogey yang ditumpangi beberapa pemimpin. Salah satu penumpangnya adalah Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva.

Presiden Joko Widodo dan pemimpin G20 tiba di lokasi makan siang di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11). Foto: Youtube Sekretariat Pr
Presiden Joko Widodo dan pemimpin G20 tiba di lokasi makan siang di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11). Foto: Youtube Sekretariat Pr (Youtube Sekretariat Presiden)

Sebelum makan siang, Presiden Federasi Asosiasi Sepakbola Internasional (FIFA) Gianni Infantino serta Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach didapuk untuk memberikan pidato.

Dalam pidatonya, Infantino meminta adanya gencatan senjata sementara pada perang Rusia-Ukraina. Dia mendorong gencatan senjata tersebut berlangsung selama 1 bulan atau selama Piala Dunia Qatar 2022 berlangsung.

Setelah itu Infantino mengajak seluruh pemimpin G20 untuk menandatangani bola resmi Piala Dunia 2022. Ia juga membagi bola resmi tersebut kepada masing-masing delegasi negara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...