Lansia Sudah, Kapan Masyarakat Dapat Booster Vaksin Covid-19 Kedua?

Andi M. Arief
25 November 2022, 16:18
booster, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa.
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Pusat Kesehatan Masyarakat (Pukesmas) Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Kamis (24/11/2022).

Kementerian Kesehatan telah menerbitkan aturan soal vaksinasi booster kedua untuk lansia dan tenaga kesehatan. Meski demikian, mereka belum akan mengimbau masyarakat umum untuk mendapatkan suntikan keempat.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah masih mengejar target masyarakat yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster. Mereka menargetkan 234 juta orang atau 86,66% dari total populasi nasional mendapatkan suntikan ketiga.

"Kemenkes belum akan mewajibkan vaksinasi booster penguat ya, boster pertama harus dikejar karena masih 35% dari target. Ini prioritas utama dulu," kata Nadia kepada Katadata.co.id,Jumat (25/11).

Berdasarkan data Kemenkes, vaksinasi dosis pertama telah mencapai 205 juta dosis, dosis kedua sejumlah 172 dosis, dan dosis ketiga atau booster baru 66 juta dosis. Sementara itu, vaksinasi booster penguat baru sekitar 730.000 dosis.

Menteri Kesehatan Budi menilai vaksinasi booster penting untuk menghindari masyarakat dari perawatan di rumah sakit atau kematian saat terkena Covid-19.

Budi mendata 74% pasien Covid-19 dengan kondisi sedang dan berat yang dirawat di rumah sakit belum dibooster. Adapun, 84% pasien Covid-19 yang meninggal pada gelombang kasus positif Covid-19 terakhir belum mendapatkan vaksin booster.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...