Mantan Menteri Agraria Ferry Musyidan Baldan Wafat di Usia 61 Tahun

Jejak karir Ferry Musryidan Baldan panjang sebagai politisi. Pernah menjadi tim sukses Jokowi pada 2014 dan Prabowo pada 2019.
Ameidyo Daud Nasution
2 Desember 2022, 15:29
menteri, ferry mursyidan baldan, meninggal
Antara
Ferry Mursyidan Baldan. Foto: Antara

Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan meninggal dunia di Jakarta, Jumat (2/12). Ferry berpulang pada usia 61 tahun.

Kabar tersebut dibenarkan oleh tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden Sigit Pamungkas. Ia mendapatkan kabar dari Hanifah Husein, istri Ferry.

"Benar, Abang Ferry Mursyidan Baldan telah meninggal dunia," kata Sigit dikutip dari Antara, Jumat (2/12).

Jenazah Ferry disemayamkan di rumah duka yang beralamat di Jalan Anggrek Cenderawasih IX/24, Slipi, Jakarta Barat. Sigit lalu mengatakan bahwa dirinya terakhir bertemua Ferry saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Tokoh kelahiran 16 Juni 1961 ini menjabat sebagau Menteri ATR pada 2014 hingga Juli 2016. Ia sebelumnya merupakan politisi sekaligus legis;lator di Senayan.

Ferry pernah menjadi Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari Golkar pada 1992 hingga 1997. Tahun 1994, ia menjadi Ketua Dewan Pimpinan Pusat Kosgoro hingga 1999.

Tahun 1997 Ferry menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Golkar. Tahun 2004 hingga 2005 ia juga sempat menjadi Ketua Komisi II yang membawahi pemerintahan dalam negeri.

Ia lalu bergabung ke Partai Nasdem besutan Surya Paloh dan menjadi tim kapanye Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Usai Jokowi memenangkan Pemilu 2014, Ferry ditunjuk sebagai Menteri ATR.

Dua tahun menjabat, Ferry lalu digantikan oleh Sofyan Djalil. Dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2019, ia lalu merapat ke Prabowo Subianto dan Sandiaga uno sebagai tim sukses.

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait