Jokowi Ingatkan Panglima TNI Yudo Margono Tegas Tangani KKB di Papua

Andi M. Arief
19 Desember 2022, 15:06
papua, yudo margono, tni
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan tongkat komando kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Presiden Joko Widodo meminta Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono tegas menjaga keamanan di wilayah Papua dari Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB.

Jokowi juga mendukung rencana pendekatan yang akan dilakukan Yudo di Papua, yakni pendekatan humanis. Adapun, salah satu langkah yang akan dilakukan adalah pengurangan jumlah prajurit TNI di Papua.

"Tapi memang harus tegas, karena kalau enggak tegas, KKB selalu berbuat seperti itu dan tidak akan selesai-selesai masalahnya," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (19/12).

Sementara itu, Yudo menekankan langkah yang dilakukan TNI di Papua bukan operasi militer. Menurutnya, operasi yang ditonjolkan adalah operasi teritorial dan sesuai hukum yang ada.

Adapun, Yudo mengatakan rencana pendekatan humanis di Pulau Emas akan kembali dievaluasi. Yudo menyampaikan akan mengunjungi Papua dalam waktu dekat bersama staf angkatan TNI agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Yudo akan meminta pandangan dari para beberapa pihak di Papua terkait kondisi riil yang terjadi. Mereka yang akan diajak diskusi adalah prajurit TNI yang bertugas, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...