Bertemu Presiden Vietnam, Jokowi Minta Ekspor Buah RI Dipermudah

Andi M. Arief
22 Desember 2022, 15:34
jokowi, vietnam, ekspor
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc berjalan menuju veranda Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/12/2022).

Presiden Joko Widodo hari ini bertemu dengan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Istana Bogor, Kamis (21/12). Dalam kesempatan tersebut,  Jokowi meminta pemerintah Vietnam untuk memudahkan masuknya produk buah dan hasil pertanian Indonesia ke Vietnam.

Jokowi meminta pemerintah Vietnam untuk melindungi investasi pengusaha nasional di Vietnam. Kepala Negara mencatat total investasi pengusaha Indonesia di Vietnam lebih dari US$ 600 juta yang tersebar dalam 101 proyek.

"Saya mengharapkan penyelesaian beberapa isu yang dialami investor Indonesia akan mendorong investasi baru di masa mendatang," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (22/12).

Jokowi menargetkan nilai perdagangan dengan Vietnam dapat mencapai US$ 15 miliar pada 2028. Angka tersebut naik 50% dari target sebelumnya, yakni pada 2023 senilai US$ 10 miliar.

Jokowi mencatat target perdagangan yang ditetapkan pada tahun depan sebesar US$ 11 miliar telah diraih pada tahun tahun lalu, "Untuk itu kami sepakat menetapkan target baru perdagangan bilateral sebesar 15% pada 2028," 

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, barang ekspor Indonesia yang paling besar ke Vietnam adalah kendaraan selin stok kereta api atau trem, dan suku cadang dan aksesorisnya. Adapun, nilai ekspor Indonesia ke Vietnam per 2020 mencapai US$ 4,94 miliar.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...