Cina Cabut Aturan Karantina Internasional Meski Covid-19 Tengah Naik

Ameidyo Daud Nasution
27 Desember 2022, 07:50
cina, covid-19, karantina
ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/foc.
Sejumlah petugas medis dikerahkan di kompleks permukiman di Distrik Chaoyang, Beijing, China, yang sedang di-lockdown, Senin (21/11/2022), untuk mengambil sampel tes PCR para penghuninya.

Pemerintah Cina akan mencabut syarat karantina Covid-19 untuk penumpang yang datang dari luar negeri mulai 8 Januari 2023. Langkah pelonggaran ini diambil meski penularan corona tengah melonjak.

Ini merupakan langkah terbaru negara tersebut untuk membuka kembali pembatasan aktivitas. Sebelumnya, penumpang yang datang masih harus menjalani karantina selama lima hari di hotel ditambah tiga hari di rumah.

Otoritas setempat mengatakan kebijakan ini adalah bagian dari cara baru Cina menghadapi Covid-19. Negara tersebut juga menurunkan penanganan corona menjadi penyakit Kelas B yang tidak terlalu ketat.

Ini berarti penanganan Covid-19 akan diperlakukan sama dengan penyakit lainnya seperti demam berdarah. Cina juga menyebut gejala SARS-CoV-2 sebagai infeksi dan bukan pneumonia.

"Lebih sesuai dengan karakteristik dan tingkat bahaya penyakit saat ini," kata Komisi Kesehatan Nasional dalam pernyataan hari Senin (26/12) dikutip dari CNN.

Di saat bersamaan, Cina menghadapi gelombang baru Covid-19 yang menghantam rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Mereka saat ini juga telah menghentikan rilis data harian kasus corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...