Jokowi Dikabarkan Lantik Laksdya Muhammad Ali Jadi KSAL Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
28 Desember 2022, 08:40
ksal, muhammad ali,tni
Antara
Asrena KSAL Laksdya Muhammad Ali. Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo pagi ini akan melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) baru pengganti Laksamana Yudo Margono yang menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Nama pengganti yang dikabarkan muncul adalah Laksamana Madya Muhammad Ali.

Kabar pelantikan disampaikan Jokowi kemarin saat menjawab pertanyaan awak media. Pengambilan sumpah akan digelar pagi ini di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12).

"Pelantikan KSAL insyaallah besok (hari ini), " kata Presiden Joko Widodo di Pasar Pujasera Subang, Selasa (27/12). Meski demikian, hingga berita ini ditulis, pihak Istana belum merespons soal kepastian Muhammad Ali akan menjadi KSAL. 

Muhammad Ali saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Ia sebelumnya juga pernah menjadi ajudan Boediono saat menjadi Wakil Presiden.

Ali merupakan perwira tinggi TNI kelahiran 9 April 1967. Berdasarkan keterangan di laman resmi TNI, Muhammad Ali merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1989 angkatan ke-35.

Ia telah melewati sejumlah pelatihan dan pendidikan militer seperti Dikpasiswa, Dikcawak Kasel dan Kursus Ausbildung Waffengerat U Boote 206 atau kursus kapal selam U-206 di Jerman pada 1997. Ia juga tercatat pernah menjalani pendidikan Internasional PWO di Inggris pada 1998, International Submarine Warfare di Inggris pada 1999, dan Diklapa II Koum angkatan ke-14 pada 2000.

Selain itu ia merupakan lulusan Sekolah Staf dan Komando AL angkatan ke 40 pada 2003. Di luar pendidikan militer ia telah meraih gelar Master untuk bidang Manajemen. Pati Bintang 3 ini mengawali karir di Perwira Depops KRI Sigalu-857 pada 1990.

Ia kemudian bertugas di KRI Nanggala-401 pada 1992, KRI Nanggala-402 pada 1996. Seiring waktu, Ali mulai menempati sejumlah posisi strategis. Ia menjadi komandan KRI Nanggala, menjadi staf khusus KSAL pada 2015 dan Waasrena KSAL pada 2017.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait