Jokowi Lantik KSAL Pengganti Yudo Besok, Ini Calon Kandidatnya

Penentuan kandidat KSAL berada di tangan Jokowi.
Andi M. Arief
27 Desember 2022, 18:24
KSAL, Yudo
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan pengarahan saat 'Exit Briefing' atau pengarahan terakhir Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Staf Angkatan Laut atau KSAL pada Rabu (28/12). Sejak Yudo Margono dilantik menjadi Panglima TNI, dia menjabat rangkap sebagai KSAL.

"KSAL InsyaAllah pelantikannya besok," kata Jokowi di saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (27/12).

Yudo berharap posisi KSAL agar segera terisi untuk menghindari rangkap jabatan. Sebagai informasi, Yudo menjabat sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Mantan Panglima Andika Perkasa yang masuk masa pensiun mulai 21 Desember 2022.

Menurut Yudo, KSAL mengemban amanat dan tanggung jawab yang luas mengawal perairan Indonesia. Karena itu, posisi KSAL harus menjadi penting dan butuh orang yang fokus. Ia mengatakan saat ini proses penentuan KSAL sudah di tangan presiden.

"Bapak Presiden sudah bicara bahwa calon KSAL itu Pati bintang tiga, bukan bintang satu atau bintang dua," kata Yudo.

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menyebut setidaknya lima perwira bintang tiga yang berpotensi menjadi calon Kasal pengganti Yudo.

Mereka yakni Irjen TNI Bambang Suswantono, Komandan Kdiklatal Suhartono, Wakil Kasal Ahmad Heri Purwono, Pangkogabwilhan Muhammad Ali, dan Pangkoarmada Herru Kusmanto. Kelima orang tersebut masuk dalam kriteria Jokowi, sebagai Pejabat Tinggi di TNI dengan bintang tiga.

Anton mengatakan, bila pertimbangannya pernah bekerja di lingkungan Istana, maka ada dua nama yang potensial. Mereka adalah Irjen TNI Letnan Jenderal (Mar) Bambang Suswantono dan Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal (Mar) Suhartono.

Suswantono dan Suhartono sama-sama pernah tercatat sebagai Komandan Paspampres era Jokowi. Namun, sejauh ini posisi KSAL belum pernah dijabat oleh perwira tinggi Marinir.

Calon potensial lain dilihat dengan pertimbangan kecenderungan pola pos jabatan sebelum menjadi KSAL. Dengan kriteria ini, peluang Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono terbuka lebar.

Menurut Anton, apabila mempertimbangkan usia pensiun panjang, ia menilai sosok Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali adalah pilihan utama. Ali baru masuk usia pensiun pada April 2025.

Selain itu, Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto masih berpotensi menduduki pos KSAL baru jika mempertimbangkan kedekatan dengan Panglima TNI sebelumnya Jenderal Andika Perkasa.

 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait