Jokowi Lantik KSAL Pengganti Yudo Besok, Ini Calon Kandidatnya

Andi M. Arief
27 Desember 2022, 18:24
KSAL, Yudo
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan pengarahan saat 'Exit Briefing' atau pengarahan terakhir Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Staf Angkatan Laut atau KSAL pada Rabu (28/12). Sejak Yudo Margono dilantik menjadi Panglima TNI, dia menjabat rangkap sebagai KSAL.

"KSAL InsyaAllah pelantikannya besok," kata Jokowi di saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (27/12).

Yudo berharap posisi KSAL agar segera terisi untuk menghindari rangkap jabatan. Sebagai informasi, Yudo menjabat sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Mantan Panglima Andika Perkasa yang masuk masa pensiun mulai 21 Desember 2022.

Menurut Yudo, KSAL mengemban amanat dan tanggung jawab yang luas mengawal perairan Indonesia. Karena itu, posisi KSAL harus menjadi penting dan butuh orang yang fokus. Ia mengatakan saat ini proses penentuan KSAL sudah di tangan presiden.

"Bapak Presiden sudah bicara bahwa calon KSAL itu Pati bintang tiga, bukan bintang satu atau bintang dua," kata Yudo.

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menyebut setidaknya lima perwira bintang tiga yang berpotensi menjadi calon Kasal pengganti Yudo.

Mereka yakni Irjen TNI Bambang Suswantono, Komandan Kdiklatal Suhartono, Wakil Kasal Ahmad Heri Purwono, Pangkogabwilhan Muhammad Ali, dan Pangkoarmada Herru Kusmanto. Kelima orang tersebut masuk dalam kriteria Jokowi, sebagai Pejabat Tinggi di TNI dengan bintang tiga.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...