Jokowi Minta Masyarakat Ikuti Informasi dari BMKG Soal Cuaca Ekstrem

Andi M. Arief
28 Desember 2022, 12:22
bmkg, jokowi, brin
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan saat meninjau proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di Stasiun Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (26/12/2022).

Presiden Joko Widodo meminta agar masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem seperti yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).  BMKG memprediksi hujan lebat akan terjadi pada Jumat (30/12).

Arahan ini disampaikan Jokowi di tengah adanya peringatan yang diberikan peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) soal potensi badai besar di Jakarta dan sekitarnya hari ini.

"Ikuti semua informasi dan ikuti semua hal yang disampaikan oleh BMKG," kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (28/12).

Sebelumnya,  peneliti cuaca dari BRIN, Erma Yulihastin meminta masyarakat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi mewaspadai potensi badai dahsyat pada Rabu (28/12).

Ini karena akan ada badai besar dari laut akan pindah melalui dua jalur yakni dari barat melalui angin baratan serta dari utara melalui angin permukaan. Banten hingga Bekasi akan menjadi titik pertemuan dua angin tersebut. "Dimulai sejak siang hingga malam hari," kata Erma dalam cuitan di akun Twitternya, Senin (26/12).

Erma menjelaskan,  angin yang merupakan "tol hujan" tersebut mulai terbentuk pada Selasa (27/12) pukul 03.00 WIB. Lokasinya berada di atas Samudera Hindia dan akan bergabung dengan badai konvektif skala meso yang terbentuk di daratan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...