Konstruksi Jalan hingga Istana IKN Akan Mulai Terlihat Kuartal I 2023

Andi M. Arief
3 Januari 2023, 14:21
ikn, ibu kota, nusantara
Yura Syahrul/Katadata
Pekerja berdiri di depan proyek IKN Nusantara di di Penajam Paser, Kalimantan Timur, pada Jumat (23/12).

Otoritas Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara menargetkan perkembangan konstruksi di Kalimantan Timur akan terlihat mulai 3 bulan pertama 2023. Pasalnya, semua kontrak yang dilelang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR telah ditandatangani.

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono mengatakan para pemenang lelang konstruksi IKN Nusantara telah memobilisasi peralatan konstruksinya masing-masing. Selain itu, sebagian komponen konstruksi telah masuk di lokasi konstruksi.

"Pada kuartal I-2022 nanti akan kelihatan sumbu kebangsaan seperti apa. Ada jalan akses barat, akses timur, kemudian istananya seperti apa," ujar Bambang. kata Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (3/1).  

 Selain pengembangan lahan, Kementerian PUPR telah melelang proyek-proyek yang dikerjakan tahun ini pada akhir 2022. Adapun, anggaran proyek IKN Nusantara terbesar pada tahun ini adalah pada bidang pembangunan gedung senilai Rp 10,3 triliun.

Sementara itu, anggaran konstruksi dengan anggaran terbesar selanjutnya adalah konektivitas darat sejumlah Rp 8,7 triliun dan diikuti infrastruktur sumber daya air sebesar Rp 1,1 triliun. Secara total anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk proyek IKN Nusantara pada 2023 adalah Rp 20,8 triliun.

Fokus konstruksi IKN pada tahun ini adalah pembangunan kompleks kantor wakil presiden dan jalan nasional akses ke KIPP IKN. Sedangkan jalan tol sepanjang 11 kilometer sebagai akses kawasan pusat IKN juga akan dibangun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...