Hadiri Rapat Kemenhan, Jokowi Beri Arahan Prabowo Soal Intelijen

Andi M. Arief
18 Januari 2023, 11:38
prabowo, jokowi, intelijen
Antara
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai Rapat Pimpinan Nasional Kementerian Pertahanan di Jakarta, Rabu (18/1). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hari ini menghadiri rapat pimpinan Kementerian Pertahanan. Jokowi meminta Kemhan menjadi koordinator informasi pertahanan di semua lini. 

Presiden Jokowi mengatakan sejumlah lembaga seperti seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Polri, dan Badan Siber dan Sandi Negara mengumpulkan informasi-informasi intelijen. Informasi intelijen tersebut bisa dikumpulkan oleh Kemenhan untuk kepentingan nasional.

"Tiap info yang diberikan ke kita itu untuk membangun sebuah kebijakan, itu saja kesimpulannya," kata Jokowi di Kantor Kemenhan, Rabu (18/1).

Arahan Presiden dalam rapat pimpinan tersebut berlangsung secara tertutup. Namun, Prabowo mengatakan inti arahan Jokowi adalah pertahanan negara harus siap menghadapi kondisi global yang penuh ketidakpastian. 

Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI ini menyampaikan inti rapat pimpinan Kemhan tahun ini adalah menyampaikan doktrin-doktrin dokumen strategis. Dokumen strategis yang dimaksud adalah pertahanan negara, strategi negara, dan pembangunan kekuatan pertahanan.

Kemenhan akan merumuskan semua dokumen strategis tersebut dan menyerahkan kesimpulannya pada para pimpinan TNI, yakni Panglima TNI dan Kepala Staf tiap matra TNI. Setelah itu, pimpinan TNI akan mengkaji dan melaksanakan arahan Kemenhan tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...