Mendag Awasi Harga Beras hingga Minyak Goreng Jelang Ramadan

Nadya Zahira
3 Februari 2023, 07:45
harga beras, beras, ramadan
Nadya Zahira/Katadata
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) dan Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi (kanan), saat memantau stok dan harga bahan pokok ke ritel modern Superindo, Bogor, Jumat (23/12).

Sejumlah harga komoditas pangan kerap kali  mengalami kenaikan harga saat menjelang bulan Ramadan dan Lebaran Idul Fitri. Menanggapi hal ini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan melakukan sejumlah antisipasi dan persiapan agar harga tidak melonjak naik secara signifikan.

Kementerian Perdagangan dengan Kementerian Dalam Negeri selalu melakukan pertemuan untuk memonitor harga komoditas pangan menjelang bulan Ramadan dan Lebaran 2023 mendatang. Ia juga telah membentuk gugus tugas untuk mengawasi beras, kedelai, minyak goreng, bawang, hingga cabai.

"Setiap hari kita lihat perkembangannya. Itu persiapan untuk Lebaran," ujar Zulhas saat ditemui awak media,  di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (2/2).

Zulhas menghimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir dengan lonjakan harga menjelang Ramadan. Pasalnya pemerintah akan memberikan subsidi transportasi terhadap harga-harga komoditas pangan yang naik. 

"Kalau harga pangan naik, maka pemerintah akan bantu subsidi transport. Tentu kami sudah lakukan persiapan agar harga tidak naik," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...