Rasio Dokter di Indonesia Kalah dari Myanmar dan Timor Leste

Ameidyo Daud Nasution
3 Februari 2023, 14:41
dokter, rasio dokter, peringkat dokter indonesia
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/hp.
Mahasiswa mempraktikkan keterampilan klinik dasar saat perkuliahan di Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (8/12/2022).

Kurangnya jumlah dokter masih menjadi masalah di Indonesia. RI bahkan memiliki peringkat yang lebih rendah dalam rasio dokter per jumlah penduduk jika dibandingkan negara tetangganya.

Dalam peringkat di laman Index Mundi, Indonesia berada di posisi 139 dunia. Adapun rasio dokter per seribu penduduk RI hanya 0.47 orang.

Index Mundi menghimpun data dari Global Health Workforce Statistics milik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Peringkat rasio dokter di Indonesia bahkan berada di bawah negara tetangganya. RI berada di belakang Singapura (ranking 75), Brunei (ranking 97), Malaysia (ranking (100), Thailand (ranking 118), Vietnam (ranking 118), Timor Leste (ranking 127), dan Myanmar (ranking 129).

Namun, angka yang diperoleh Indonesia menunjukkan tren kenaikan. Sebagai perbandingan, skor rasio dokter di RI pada 2010 masih mencapai 0.243 per 1.000 penduduk.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...